Selasa, 07 Februari 2012

Perbandingan Microsoft Word 2007 dan Microsoft Word 2003

Barangkali program microsoft word adalah program yang paling tersohor di indonesia. Secara setiap hari jutaan orang menggunakan program ini dalam memudahkan pekerjaan dibidang menulis, dari anak anak sampai orangtua sekarang sudah dapat memanfaatkan program ini (sepertinya era mesin tik sudah berakhir :p)

banyak juga sekarang orang mencari penghasilan dari program ini. Sebut saja seperti jasa pengetikan dan kursus mengetik untuk anak anak dan orangtua.
oke, cukup basa basinya. di tulisan saya kali ini saya akan membahas beberapa perbedaan antara microsoft office 2003 dengan 2007. seri ms. office tersebut adalah yang sekarang lazim kita temukan. ada yang beranggapan bahwa office 2007 lebih baik dari yang sebelumnya. Memang sudah jelas program diperbaharui untuk meningkatan performa dan kualitas, tapi ada juga yang enggan beralih ke 2007 dan masih setia di 2003 karena beranggapan office 2007 lebih rumit, berbeda dan sudah terbiasa menggunakan office 2003.
ms word 2007
secara umum perbedaan yang kita jumpai antara kedua jenis program diatas adalah
• file hasil produksi ms word 2007 defaultnya berformat .docx , dimana format tersebut tidak bisa dieksekusi (cieh bahasanya) atau dibaca oleh ms word 2003 yang defautlnya .doc
namun word 2007 bisa membaca format .doc, dan .docx
• terdapat smartart di ms word 2007, smartart adalah semacam kumpulan template grafis yang mudah digunakan, sedangkan di 2003 belum ada
• tampilan menu 2007 sudah lebih banyak ke kumpulan toolbar (ribbon)
• di 2007 ada tombol bulat di pojok kiri atas yang sebagian besar gunanya menggantikan fungsi menu File, yang disebut office button
• ada quick access toolbar di 2007 dan belum ada di 2003
• jika kita menyimpan file .doc di office 2007 ukurannya akan lebih kecil dibanding .docx
Meskipun tak terlalu lengkap . Dan terlalu jelas. Atau dengan kata lain di bawah ini adalah langkah-langkah untuk mengoprasikan Ms. Word 2007 .
Perhatikanlah langkah di bawah .
1. Membuka Ms. Word 2007 tidak jauh berbeda dengan 2003. Mulanya juga berada di dalam h Ms. Office
2. Toolbar-toolbal pada Ms. Word 2007 seperti HOME, INSERT, PAGE LAYOUT, VIEW sama dengan toolbar-toolbar pada Ms. Word 2003 ,hanya saja ada beberapa toolbar yang tak ada pada Ms.word 2003 ada pada Ms.word 2007
3.menu B, I, U , jenis tulisan, ukuran huruf, pemberian warna pada huruf, dll ada pada tampilan menu HOME sedangkan yang pada Ms. Word 2003 adalah berada diluar menu HOME.
4. Pada tampilan menu INSERT, menu picture, clipart,dll dilengkapi dengan gambar-gambar dengan ukuran yang sedikit besar dan berwarna yang membuat tampilannya kelihatan sedikit menarik dibandingkan tampilannya pada Ms.word 2003.
5. Pada menu PAGE LAYOUT ,. Disinilah tempat untuk mengatur kertas .mulai dari ukuran, membuat columns, jarak spasi, warna kertas ,dsb.
6. menu REFERENCES .Menu ini tidak ada pada Ms. Word 2003. Di menu ini yang dijelaskan adalah berbagai menu untuk memudahkan cara membuat daftar pustaka , daftar isi atau sebagainya..
7. Menu MAILINGS. Pada menu ini yang terlihat dapat dipergunakan hanya 3 menu. Padahal jika sudah ingin di pergunakan , ke 4 menu tersebut terlihat tak dapat dipergunakan karena akan muncul kata-kata yang tidak dapat di mengerti.
8. Menu REVIEW adalah menu yang dapat dipergunakan untuk melihat, mencari dan memberikan comment atau dapat juga dipakai untuk memberikan efek english.
9. Menu VIEW . Menu ini di gunakan untuk melihat ketikan yang dibuat secara besar (zoom) .dan sebagainya.
Penjelasan tentang toolbar–toolbar di atas, hanya berdasarkan yang saya lihat. Karena sebenarnya Ms. Word 2007 agak lebih rumit cara mengoprasikannya dari pada cara mengoprasikan pengolah kata yang terlebih dahulu telah kita kenal yaitu Ms. Word 2003.
Di bawah ini adalah penjelasan tambahan tentang Ms. Word 2007. Penjelasan yang bila di perhatikan perbedaan tersebut juga terdapat di Ms. Word 2003. Tetapi beda.
Toolbar-toolbar pada Ms. Word 2007 juga tidah seperti pada Ms.word 2003. Toolbars pada Ms. Word 2007 di kelompokkan sesuai kategorinya masing-masing .( perhatikan nomor-nomor pada gambar)
Kelebihan software Microsoft Office Standard 2007 :
Banyak fitur yang mudah untuk dieksplorasi, seperti aplikasi Word yang menjadi tool dasar desktop publishing, formula Exceln yang mudah untuk direferensikan, presentasi PowerPoint yang lebih atraktif, improvisasi management task dan waktu di Outloook , improvisasi integrasi semua aplikasi, format file yang baru untuk mencegah adanya corrupt file, keamanan dokumen yang lebih bisa diandalkan.
Kekurangan :
Perubahan desain yang drastic memerlukan pembelajaran yang baru ketika upgrading, interface baru yang terkadang menjadi rumit, user yang menggunakan Office 2003 harus menginstal konverter untuk membuka file Office 2007, tidak ada jalan aman ketika bekerja di web.
Microsoft Office Standard 2007 mempersembahkan perbedaan interface yang drastic dan format file yang baru. Office baru ini tampak berbeda dari versi sebelumnya. Office Standard 2007 ini juga memiliki tool konversi yang memudahkan user untuk membuka file default Office 2007, yakni file Open XML. Microsoft Office Standard 2007 juga memberikan tool untuk mengatur language dan gambar, termasuk tool untuk digunakan jika terjaci crash. Untuk upgrade software ini berkisar antara harga $399, atau untuk edisi Enterprise senilai $679.
Untuk prose instalasi hanya membutuhkan waktu 15 menit, karena software Microsoft Office Standard 2007 ini lebih kecil dibandingkan edisi sebelumnya. Tidak seperti system operasi Vista, Office ini tidak memerlukan hardware yang terbaru. Office 2007 ini dapat bekerja di hardware yang sama dengan system Windows XP atau Windows Server 2003.
Spesifikasi hardware minimum yang dibutuhkan adalah :
• System operasi : Microsoft Windows XP SP2 atau di atasnya, Microsoft Windows Server 2003 SP1 atau di atasnya
• Software : Internet Explorer 6.0 atau di atasnya
• Processor : 500 MHz , 500 MHz
• RAM : 256MB atau di atasnya
• Peripheral : CD-ROM , XGA monitor
• Harddisk : 1.5 GB atau di atasnya

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar